-->

Iklan 728x90

10 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa dan Pelajar

pekerjaan sampingan mahasiswa
Saat anda memasuki usia remaja pasti sudah mulai memikirkan cara menambah penghasilan apalagi saat sudah menjadi seorang pelajar atau mahasiswa hal tersebut adalah pemikiran yang wajar.

Namun jangan kelamaan mikirnya akibatnya waktu terbuang sia-sia hanya karena bingung memilih pekerjaan sampingan yang cocok dan pas dikerjakan selagi duduk dibangku kuliah atau perguruan tinggi.

Kali ini saya akan membagikan beberapa rekomendasi pekerjaan sampingan yang bisa kalian pilih sesuai keinginan, simak berikut dibawah ini jenis pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa yang masih kuliah :

1. Printer atau Fotocopy
Pekerjaan ini tergolong yang mudah dan bisa menambah uang saku kalian karena jasa ngeprint dan fotocopy merupakan yang paling banyak dicari-cari oleh para pelajar, namun ini membutuhkan modal untuk membeli alat seperti mesin printer, kertas, tinta, dll.

2. Jasa mencarikan Kost
Kost merupakan tempat penginapan atau tempat tinggal bagi pelajar yang merantau dari jauh, setiap awal tahun masuk sekolah pasti hal ini banyak yang minat, kamu tinggal menawarkan jasa mu ke para pemilik kost-kostan tentunya sesuai kesepakatan bersama.

3. Menjadi Penulis / Blogger
Bagi kamu yang hobi menulis sesuatu seperti puisi, berita, cerita, buku, novel, humor dan lainnya hal tersebut bisa kamu salurkan ke unit kegiatan mahasiswa atau dengan membuat sebuah blog / website, asal kamu konsisten dengan hobimu itu dapat dipastikan setiap tulisan yang diterbitkan akan ramai pembaca dan kamu akan mendapat beberapa tawaran iklan dan dikenal sebagai penulis.

4. Jual Pulsa dan Kuota
Pulsa dan kuota sudah menjadi kebutuhan para anak muda zaman now, para remaja sekarang tidak bisa jauh-jauh dari sebuah HP dikarenakan gawai yang mereka gunakan tentunya perlu adanya pulsa untuk kegiatan telpon dan sms sedangkan kuota untuk berselancar di internet dan chatting,

Dengan mengeluarkan modal yang tidak banyak kamu bisa menjadi agen pulsa & kuota yang bisa dijual ke teman-teman terdekat dulu lalu bisa diperluas lagi.

5. Ojek Online
Saat ini di beberapa kota di Indonesia lagi marak yang namanya antar jemput menggunakan kendaraan pribasi berbasis online, ada beberapa ojek on-line yang terkenal seperti Gojek, Grab, Uber dan lainnya. dengan sistem penerimaan keanggotaan yang tidak terlalu sulit maka siapa saja dapat mendaftar menjadi driver ojek online.

Asalkan syarat-syarat yang kalian miliki lengkap seperti motor pribadi, STNK, KTP, KK SIM dan SKCK maka tidak akan sulit diterima dan bisa menjadi alternatif mendapatkan uang dikala waktu senggang.

6. Jual barang secara offline maupun online
Jika kamu ingin menjual barang-barang seperti baju, alat elektronik, buku, perlengkapan tulis, makanan, minuman, tentunya sesuatu yang banyak dibutuhkan oleh mahasiswa maka dijamin barang yang anda jual akan cepat laku.

Menjual bisa dengan secara membuka ruko kecil-kecilan atau bisa juga dengan berkeliling sambil menawarkan barang yang kita jual, selain itu bisa juga dengan menjualnya secara online melalui internet.

7. Jasa Foto dan Video
Kalo punya kamera digital yang bagus sebaiknya dimanfaatkan untuk membuka jasa foto dan video, kamu bisa belajar teknik-teknik memotret melaui seseorang ataupun bisa melihat tutorial yang ada di internet agar kemampuan kamu terasah dan terlihat profesional

Targetnya bisa berupa kelas atau kelompok-kelompok mahasiswa dan juga anak-anak hits yang ingin mengambil foto untuk dokumentasi, kamu bisa menawarkan jasamu dengan harga yang lebih murah agar dilirik dan banyak yang memesan.

8. Jasa Edit foto dan Desain Grafis
Dengan modal yang kecil hanya memerlukan sebuah komputer / laptop dan sebuah software editing seperti photoshop dan desain seperti coreldraw, dengan begitu kamu hanya perlu menguasai hal tersebut, dengan target orang-orang yang ingin mengedit fotonya atau organisasi yang ingin dibuatkan banner dan lainnya.

9. Youtuber
Youtube merupakan ladang untuk mendapat duit dengan bermodalkan internet, dengan hanya membuat dan mengedit sebuah video kamu akan mendapatkan uang dari youtube tapi kamu harus memahami dulu tentang monetasi, hak cipta serta mendaftarkan channel youtube mu ke Google Adsense.

Kamu hanya perlu membuat video dengan berbagai macam tema seperti cover musik, komedi, pengetahuan, berita, vlog, tutorial dan lainnya. usahakan setiak satu channel hanya memiliki satu tema agar channel kamu cepat naik dan dianggap konsisten oleh Youtube.

10. Bermusik atau nge-band
Kalo kamu hobi bermusik dan mempunyai beberapa alat musik kamu bisa merekrut teman-teman atau orang yang memiliki hobi yang sama, dengan sering latihan bersama pasti skill kamu akan makin terasah.

Kamu bisa memperkenalkan band mu di lingkungan kampus dahulu karena itu merupakan cara yang efektif lalu jika ingin lebih dikenal luas maka kamu perlu mempromosikan melalui media sosial.

Nah itulah beberapa saran part-time job atau pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan sambil kuliah asal bisa mengatur waktu dengan dengan belajar. intinya kamu harus memiliki niat yang kuat langsung jalankan jangan hanya dipikirkan saja tapi langsung praktek dan juga hilangkan rasa malu dan gengsi hiraukan segala omongan orang lain.


0 Response to "10 Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa dan Pelajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel