-->

Iklan 728x90

5 Dampak Pencemaran Perairan

5 Dampak Pencemaran Perairan
Dampak Pencemaran Perairan
1. Sedimentasi
Peningkatan buangan sedimen kedalam ekosistem perairan pesisir akibat semakin tingginya laju erosi tanah yang disebabkan oleh kegiatan pengusaha-pengusaha hutan, pertanian, dan pembangunan sarana prasarana dapat membahakan kehidupan di lingkungan pesisir.

2. Eutrofikasi
Eutrofikasi terjadi ketika suplai nutrien (nitrogen dan fosfat) di dalam suatu system perairan meningkat melebihi batas kemampuan fotosintesis normal suatu komunitas dalam system tersebut.

3. Anoxia (Kekurangan Oksigen)
Kondisi anoxic terjadi apabila organisme pengguna oksigen dan proses yang menggunakan oksigen di dalam air berada pada kisaran yang lebih besar dari ketersediaan oksigen yang berasal dari udara atau hasil fotosintesa. Umumnya penyebab timbulnya anoxia adalah kelebihan substansi yang menggunakan oksigen (bahan organik) dan sering dikombinasikan dengan stratifikasi kolom air yang menghalangi transport oksigen dari kolom air permukaan ke dasar perairan.

4. Masalah kesehatan umum
Limbah rumah tangga banyak mengandung mikroorganisme diantaranya bakteri, virus, fungi, dan protozoa, yang dapat bertahan hidup sampai ke lingkungan laut. Mikroorganisem pada limbah rumah tangga dapat bertahan hidup di berbagai kondisi di lingkungan laut bergantung pada suhu dan sinar matahari.
Keberadaan mikroorganisme pada kerang-kerangan dan kolom air merupakan penyebab utama terjadinya kontak antara mikroorganisme dengan manusia.

5. Pengaruh Terhadap Perikanan
Pencemaran perairan akan mempengaruhi kegiatan perikanan, karena secara langsung maupun tidak langsung akan mengurangi jumlah populasi, kerusakan habitat dan lingkungan perairan sebagai media hidupnya. Kondisi yang berpengaruh terhadap perikanan diantaranya menurun nya kandungan oksigen dalam perairan yang akan menyebabkan pembatasan habitat ikan, khususnya ikan dasar laut dekat pantai, eutrofikasi perairan yang menyebabkan pertumbuhan alga tidak terkendali.


0 Response to "5 Dampak Pencemaran Perairan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel