-->

Iklan 728x90

Manfaat Peta Topografi dalam Geografi

Manfaat Peta Topografi dalam Geografi
Karakteristik untuk peta topografi dari peta lainnya adalah kontur fotografi atau bentuk tanah, sungai, jalan dan danau sehingga cocok untuk kegiatan di luar lapangan. Berikut ini di jelaskan manfaat dari peta fotografi yang banyak difungsikan :
1. Posisi
Untuk posisi peta topografi banyak digunakan untuk menunjukkan posisi atau lokasi tempat-tempat yang ad di permukaan bumi. Posisi penting di ketahui jika sebelumnya anda tidak pernah kesana untuk memastikan ada tidak salah jalan. Karena manfaatnya ini banyak orang-orang baru yang menggunakan peta topografi di bandingkan dengan peta lainnya.

2. Ukuran
Ukuran pada peta topografi bisa saja menunjukkan luas suatu tempat dan juga jarak suatu tempat yang ada di permukaan bumi. Sehingga keingintahuan anda menjadi terpenuhi untuk melihat jarak dan juga luas suatu tempat yang di tuju.

3. Gambar
Manfaat peta topografi di bandingkan peta lain adalah dengan adanya gambar yang jelas untuk di ketahui. Di suatu tempat akan menggambarkan bentuk – bentuk permukaan di bumi berupa benua, negara, gunung, sungai dan jalan raya.

4. Penelitian
Dalam manfaat penelitian peta ini berfungsi untuk membnatu peneliti dalam survei lapangan suatu daerah yang ingin di teliti. Ini penting bagi para peneliti mengingat penelitian yang di lakukan akan menelan banyak biaya dan hasil dari penelitian haruslah memuaskan sesuai dengan jumlah anggaran yang harus di habiskan.

5. Data
Data sangat lah penting dalam suatu wilayah, data merupakan sekumpulan informasi yang lengkap mengenai suatu wilayah. Data bisa merangkap efek negatif maupun potensi suatu wilayah untuk mengembangkan wilayah lebih maju dari pada sebelumnya.

6. Analisis
Manfaat peta topografi juga bisa di gunakan untuk melakukan analisis dari suatu permasalahan yang di temukan. Analisis bertujuan untuk mendapatkan kesimpulan dan solusi yang di rundingkan sebelumnya.

7. Rencana
Setiap melakukan suatu tindakan terdapat rencana yang harus dijalankan. Adapun rencana – rencana biasanya memang tidak sepenuhnya teraplikasi namun jelas dari apa yang ingin di lakukan dari setiap tindakan yang di ambil. Rencana menjadikan kegiatan 90 % bisa berhasil untuk melakukan suatu tindakan.

8. Fenomena
Dalam ilmu geografi ada alat untuk mempelajari hubungan timbal balik antara fenomena yang di temui di permukaan bumi. Fenomena – fenomena yang ada dapat di jadikan suatu kesimpulan dan juga pembelajaran bagi diri sendiri untuk kemudian di bagikan kepada teman yang lain sebagai pedoman jika hal tersebut terjadi kembali.

0 Response to "Manfaat Peta Topografi dalam Geografi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel