-->

Iklan 728x90

8 Tips Ngeblog bagi Pemula

Tips ngeblog
Kali ini saya akan membagikan tips menjadi blogger pemula, dunia blogging dari tahun ke tahun meningkat seiring pesatnya media sosial berbagai kalangan mulai dari remaja hingga orangtua mulai mengenal blog. berbagai jenis tema dan konten banyak bertebaran.

Menjadi blogger sebenarnya gampang-gampang susah, pasalnya selain harus punya koneksi internet kita tentu harus mahir membuat kata-kata yang menarik pembaca. namun ada pula yang ngeblog hanya sekedar penasaran bagaimana sih ngeblog itu... saya pun dulu juga bisa dibilang ngeblog untuk menyalurkan hobi saya tentang musik.

Oke langsung saja dibawah ini beberapa tips ngeblog bagi pemula :
1. Tentukan tema / niche blog
Ini sangat penting karena agar pembaca dan tidak bingung dengan isi dari blog anda, apalagi bila itu sesuai dengan hobi dan kemampuan anda sendiri pasti kedepannya bisa lebih semangat ngeblog.

2. Tentukan template yang sesuai
Tampilan blog merupakan hal yang pertama dilihat oleh pembaca, mulai dari tingkat responsivitas dan pengguna seluler juga perlu diperhatikan karena banyak usernya di era sekarang. jangan sampai pengunjung kabur karena loading blog anda berat. bila kesulitan dengan coding seperti html dan java script lebih baik mencari template di internet banyak kok, ada yang gratis dan berbayar. penting! jangan menambah widget-widget tidak penting seperti lagu karena dapat mnyedot kuota pengunjung.

3. Pelajari SEO
SEO bagi pemula cukup penting dimata mesin pencarian, karena dengan optimasi yang pas dapat meningkatkan kepercayaan dan ranking dimata search engine .

4. Submit URL Blog
Dengan submit url blog kamu tentu akan semakin mendapat kesempatan nangkring di halaman pertama pencarian, salah satunya adalah Google Webmaster tool yang sudah banyak dipercaya oleh pengembang blog apalagi itu milik google yang merupakan search engine paling banyak di gunakan.

5. Jangan berbuat curang
Hal ini penting karena berbuat curang seperti copy paste artikel dari orang lain tanpa ijin akan terlihat buruk dimata mesin pencari, dan pemilik artikel yang anda copas tentu akan marah bisa jadi blog anda akan dilaporkan ke DMCA yang bisa berakibat blog anda masuk ke sandbox dan bisa juga dihapus.

6. Fokus dulu dengan konten jangan mencari iklan
Seperti kata pepatah 'Content is the king' konten adalah segalanya karena dengan konten yang menarik tentu akan membuat pembaca betah berlama-lama mengunjungi blog anda, jangan belum apa-apa blog anda sudah dipenuhi dengan iklan yang bejibun.

7. Tentukan keyword yang bersaing
anda harus mencari referensi keyword yang sedang trend di search engine seperti Google, Bing, Yahoo dll. dengan begitu artikel anda bisa jadi ikut mendapat pengunjung jika kita jeli memilah jumlah persaingan yang tidak terlalu banyak.

8. Saling berkunjung (blog walking) antar sesama blogger
Anda bisa bergabung di group media sosial, contohnya group facebook bernama 'Blogger Indonesia' disitu kamu bisa meminta pengguna blog lain untuk saling berkunjung dan komentar. dengan begitu akan semakin terihat kerjasama sesama blogger agar saling membantu. tapi jangan melakukan spam dengan menebar link banyak yang bisa menganggu anggota group yang lain.

Oke segitu saja tips tentang cara ngeblog bagi pemula, semoga selalu semangat dalam ngeblog dan berkarya jangan menyerah membangun blog. mempunyai blog lebih dari satu tidak apa-apa jika digunakan untuk mendukung blog utama justru lebih baik.

3 Responses to "8 Tips Ngeblog bagi Pemula"

  1. Wahh Ini Mahh Ane Banget Gan , Ane Juga Suka Cari Iklan DUlu , Tapi Sekarang ane Udah Tau , Nice Info Gan :D

    BalasHapus
  2. memabantu banget gan..
    kunjungi juga Iniberitanya.com
    setiap berkunjung tak lupa klik iklan hehehe...
    salam

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel