-->

Iklan 728x90

20 Trik Mudah agar Mahir Excel

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi pengolahan data yang mempunyai fitur sangat lengkap, seperti data table, data diagram, akuntansi, menjumlah, perkalian, pembagian. Dengan fitur tersebut banyak sekali yang menggunakan software buatan microsoft ini.

 Dalam rangka memuat data-data angka yang besar, Anda tidak bisa mengabaikan peran penting Excel di pekerjaan sehari-hari. Namun, baik untuk pemula dan pengguna tingkat lanjut, masih banyak tips berguna dan trik yang pasti.
Berikut adalah 20 cara rahasia spreadsheet Excel yang mungkin Anda tidak tahu seperti dirangkum dari lifehack.org. Harap dicatat bahwa semua fungsi ini didasarkan pada Microsoft Excel 2010 keatas.
1. Satu Klik untuk Pilih Semua
Anda mungkin tahu bagaimana untuk memilih semua dengan menggunakan shortcut Ctrl + A, tapi sedikit yang tahu bahwa dengan hanya satu klik tombol sudut, seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas, semua data akan dipilih dalam hitungan detik.

2. Buka File Excel secara Massal
Daripada membuka file satu per satu ketika Anda memiliki beberapa file yang Anda butuhkan untuk di olah, ada cara praktis untuk membuka semua data dengan satu kali klik. Pilih atau tandai file yang ingin dibuka kemudian tekan tombol Enter pada keyboard, semua file akan terbuka secara bersamaan.

3. Pergeseran Antara file Excel Berbeda
Bila Anda memiliki spreadsheet yang berbeda terbuka, itu pergeseran benar-benar menjengkelkan antara file yang berbeda karena kadang-kadang bekerja pada lembar yang salah dapat merusak seluruh proyek. Menggunakan Ctrl + Tab Anda dapat beralih antara file yang berbeda secara bebas. Fungsi ini juga berlaku untuk file lain seperti tab Windows yang berbeda di Firefox ketika dibuka menggunakan Windows 7.

4. Buat New Shortcut Menu
Umumnya ada tiga cara pintas di menu atas, yang Save, Undo Typing dan Ulangi Mengetik. Namun, jika Anda ingin menggunakan pintas lebih, seperti Copy dan Cut, Anda dapat mengaturnya sebagai berikut:File-> Pilihan-> Quick Access Toolbar, menambahkan Cut dan Copy dari kolom kiri ke kanan, simpan. Anda akan melihat dua cara pintas lebih ditambahkan dalam menu atas.

5. Tambahkan Garis Diagonal ke Cell
Ketika membuat daftar alamat sekelas, misalnya, Anda mungkin perlu link diagonal di sel pertama untuk memisahkan atribut yang berbeda dari baris dan kolom. Cara membuatnya? Semua orang tahu bahwa Home-> Font-> Borders dapat mengubah batas yang berbeda untuk sel, dan bahkan menambahkan warna yang berbeda. Namun, jika Anda klik Borders Lebih, Anda akan mendapatkan lebih banyak kejutan, seperti garis diagonal. Klik dan save-Anda sekarang dapat membuat segera.

6. Tambahkan Lebih dari Satu New Row atau Kolom

Anda mungkin tahu cara untuk menambahkan satu baris atau kolom baru, tapi itu benar-benar membutuhkan banyak waktu jika Anda harus memasukkan lebih dari satu ini dengan mengulangi tindakan ini X jumlah kali. Cara terbaik adalah untuk drag dan pilih X baris atau kolom (X adalah dua atau lebih) jika Anda ingin menambahkan X baris atau kolom di atas atau kiri. klik kanan baris atau kolom yang disorot dan pilih Insert dari menu drop down. baris baru akan disisipkan di atas baris atau di sebelah kiri kolom pertama yang Anda pilih.

7. Berpindah cepat dan Salin Data di Sel
Jika Anda ingin memindahkan satu kolom data dalam spreadsheet, cara cepat untuk memilih dan memindahkan pointer ke garis batas, setelah berubah menjadi ikon panah menyeberang, drag untuk bebas memindahkan kolom. Bagaimana jika Anda ingin menyalin data? Anda dapat menekan tombol Ctrl sebelum Anda tarik untuk memindahkan; kolom baru akan menyalin semua data yang dipilih.

8. Hapus Sel Kosong dengan cepat
Beberapa data default akan kosong, karena berbagai alasan. Jika Anda perlu untuk menghapus ini untuk menjaga akurasi, terutama ketika menghitung nilai rata-rata, cara cepat adalah untuk menyaring semua sel kosong dan menghapusnya dengan satu kali klik. Pilih kolom yang ingin Anda filter, pergi ke Data-> Filter, setelah tombol menunjukkan ke bawah, membatalkan Pilih Semua dan kemudian mengambil opsi paling bawahr, Blank. Semua sel-sel kosong akan segera ditampilkan. Kembali ke Home dan klik Hapus langsung, semua akan dihapus.

9. Pencarian samar dengan Wild Card
Anda mungkin tahu bagaimana untuk mengaktifkan pencarian cepat dengan menggunakan shortcut Ctrl + F, tetapi ada dua kartu-Pertanyaan tanda wild utama dan bintang digunakan dalam spreadsheet Excel untuk mengaktifkan pencarian samar. Ini digunakan ketika Anda tidak yakin tentang hasil sasaran. Tanda tanya berdiri untuk satu karakter dan tanda bintang merupakan satu atau lebih karakter. Bagaimana jika Anda perlu mencari Question Mark dan Asterisk sebagai sasaran? Jangan lupa menambahkan Jalur Gelombang di depan.

10. Menghasilkan Nilai Unik di Kolom
Anda menyadari fungsi utama dari Filter, tetapi hanya sedikit orang menggunakan Advanced Filter, yang akan berulang kali diterapkan ketika Anda perlu untuk menyaring nilai unik dari data dalam kolom. Klik untuk memilih kolom dan pergi ke Data-> Lanjutan. Sebuah jendela pop-up akan muncul. Sebagai menunjukkan screenshot, klik Salin ke lokasi lain, yang harus sesuai dengan area persegi merah kedua. Kemudian tentukan lokasi target dengan mengetik nilai atau mengklik tombol daerah-memilih. Dalam contoh ini, usia yang unik dapat dihasilkan dari Kolom C dan acara di Kolom E. Jangan lupa untuk memilih catatan unik saja, kemudian klik OK. Nilai unik yang menunjukkan dalam kolom E dapat menjadi kontras data asli di C, itulah alasan mengapa dianjurkan untuk menyalin ke lokasi lain.

11. Pembatasan Masukan dengan Validasi Data Fungsi
Dalam rangka mempertahankan validitas data, kadang-kadang Anda perlu membatasi nilai input dan menawarkan beberapa tips untuk langkah-langkah lebih lanjut. Misalnya, usia di sheet ini harus bilangan bulat dan semua orang yang berpartisipasi dalam survei ini harus berusia antara 18 dan 60 tahun. Untuk memastikan bahwa data di luar rentang usia ini tidak dimasukkan, pergi ke Data-> data Validation-> Setting, masukan kondisi dan beralih ke Masukan Pesan untuk memberikan petunjuknya seperti, "Silakan masukan usia Anda dengan jumlah keseluruhan, yang harus berkisar dari 18 ke 60. "Pengguna akan mendapatkan prompt ini ketika menggantung pointer di daerah ini dan mendapatkan pesan peringatan jika informasi diinput adalah wajar tanpa pengecualian.

12. Cepat Navigasi dengan Ctrl + Panah Tombol
 Ketika Anda mengklik Ctrl + setiap tombol panah pada keyboard, Anda bisa melompat ke tepi lembar di arah yang berbeda. Jika Anda ingin melompat ke baris bawah dari data, hanya mencoba untuk klik Ctrl + tombol bawah.

13. Transpose Data dari Row ke Kolom
 Anda akan menggunakan fitur ini jika Anda ingin merefleksikan data yang untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik; Namun, mengetik ulang semua data akan menjadi hal terakhir yang Anda perlu lakukan jika Anda tahu bagaimana menggunakan fungsi Transpose di Tempel. Berikut caranya: menyalin area yang ingin Anda merefleksikan, memindahkan pointer ke lokasi kosong lain. Pergi ke Home-> Paste-> Transpose, harap dicatat bahwa fungsi ini tidak akan mengaktifkan sampai Anda menyalin data pertama.

14. Sembunyikan data Benar-benar
 Hampir semua pengguna tahu bagaimana menyembunyikan data dengan mengklik kanan untuk memilih fungsi Hide, tetapi hal ini dapat dengan mudah melihat jika hanya ada sedikit data. Cara terbaik dan termudah untuk menyembunyikan data secara menyeluruh adalah dengan menggunakan fungsi Format Cells. Pilih daerah dan pergi ke Home-> Font-> Open Format Cells-> Nomor Tab-> Custom-> Ketik ;;; -> Klik OK, maka semua nilai di daerah tidak akan terlihat, dan hanya dapat ditemukan di daerah pratinjau di sebelah tombol Function.

15. Compose Teks dengan &
 formulasi rumit tidak perlu, selama Anda tahu bagaimana menggunakan &. Anda dapat membuat teks bebas dengan simbol ini. Di bawah ini saya memiliki empat kolom dengan teks yang berbeda, tapi bagaimana jika saya ingin menulis mereka untuk satu nilai dalam satu sel? Pertama, mencari sel yang menunjukkan hasil terdiri, menggunakan formulasi dengan & seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Klik Enter: semua teks di A2, B2, C2 dan D2 akan terdiri bersama-sama untuk menjadi LizaUSA25 @ di F2.

16. Mengubah Kasus Teks
 Dengan semua trik berbagi di sini, saya sudah mencoba yang terbaik untuk menghindari formulasi yang rumit. Namun masih ada beberapa sederhana dan mudah digunakan menunjukkan formulasi, seperti UPPER, LOWER dan PROPER, yang dapat mengubah teks untuk tujuan yang berbeda. UPPER akan memanfaatkan semua karakter, LOWER dapat mengubah teks ke semua huruf kecil dan PROPER hanya akan memanfaatkan karakter pertama dari sebuah kata.

17. Nilai Masukan Dimulai dengan 0
 Ketika nilai input dimulai dengan nol, Excel akan menghapus nol secara default. Daripada format ulang Cells, masalah ini dapat dengan mudah dipecahkan dengan menambahkan tanda kutip tunggal menjelang nol pertama, seperti yang ditunjukkan diatas.

18. Mempercepat Memasukkan Syarat rumit dengan AutoCorrect
 Jika Anda perlu mengulang nilai yang sama dan itu adalah rumit untuk dimasukkan, cara terbaik adalah dengan menggunakan fungsi AutoCorrect, yang akan menggantikan teks dengan teks yang benar. Mengambil nama saya, Liza Brown, misalnya, yang dapat diganti dengan LZ. Oleh karena itu, setiap kali LZ saya masukan, dapat AutoCorrect untuk Liza Brown. Pergi ke File-> Pilihan-> Proofing-> AutoCorrect Options dan masukan Ganti teks dengan teks yang benar di daerah persegi panjang merah, seperti di atas ini.

19. Satu Klik untuk Dapatkan Status lebih
 Sebagian besar pengguna tahu bagaimana untuk memeriksa status data dalam bagian bawah lembar Excel, seperti rata-rata dan Sum Nilai. Namun, apakah Anda tahu Anda dapat memindahkan pointer ke tab bawah dan klik kanan untuk mendapatkan status yang lebih, seperti yang ditunjukkan di atas ini?
20. Ubah nama Lembar Menggunakan Double Click
Ada beberapa cara untuk mengubah nama lembar, dan sebagian besar pengguna akan klik kanan untuk memilih Rename, yang sebenarnya membuang banyak waktu. Cara terbaik adalah dengan hanya klik dua kali, maka Anda dapat mengubah nama itu secara langsung.

0 Response to "20 Trik Mudah agar Mahir Excel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel