-->

Iklan 728x90

Cara Mengatasi Not Enough Space pada PlayStore Android

Cara Mengatasi Not Enough Space pada PlayStore Android
image source: androidpolice.com
Hai sobat balik lagi sama ane disini, kali ini ane akan memberikan tips sekaligus cara untuk bagi kalian pengguna android yang kesal selalu mendapat pesan "Kosongkan Ruang", Not enough space, storage is full, insufficient space on this device dan lainnya.

Permasalahannya memory internal kita masih lapang ada sisa banyak ruang lagi, tapi ketika mau download aplikasi di Playstore lalu muncul notifikasi bahwa memory penuh dan diharuskan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan. Kadang membuat kita berpikir dua kali ini Playstore yang error atau memang memori nya yang tidak cukup.

Namun tenang saja ane punya solusi nya kok dijamin kamu bisa mendownload dan install berbagai aplikasi android lainnya tanpa takut muncul pesan tersebut lagi.
Cara Mengatasi Not Enough Space pada PlayStore Android
image source
Berikut cara menginstall aplikasi android tanpa takut pesan memory full dari Play Store tersebut:
1. Install Aplikasi Cleaner
Kemungkinan karena banyak nya cache atau sampah yang menumpuk oleh aplikasi sobat dan jarang di bersihkan dengan cara menghapus nya, jika masih ada sedikit memory sobat bisa download aplikasi pembersih seperti Ccleaner, Clean Master, Du Cleaner. Pilih yang versi lite lalu jalankan aplikasi nya.
2. Pindahkan Aplikasi ke Memory Eksternal
Silahkan sobat menuju ke pengaturan > kelola Aplikasi, disitu sobat tinggal pilih mana aplikasi yang akan dipindah ke penyimpanan luar. Kalo sudah lalu klik nanti akan muncul pilihan pindah. Tergantung jenis smartphone sobat mendukung atau tidak, biasanya ada yang harus melalui root namun tidak perlu untuk HP keluaran China seperti Oppo, Asus, Xiaomi, Smartfren, dll. untuk samsung ada beberapa yang tidak bisa dan diharuskan root.
3. Hapus Aplikasi yang tidak Diperlukan
Jika sobat merasa ada aplikasi yang tidak pernah dibuka apalagi digunakan sebaiknya uninstall saja apk tersebut jangan dibiarkan tersimpan agar tidak memenuhi memory.
4. Install Aplikasi bukan dari Playstore
Biasanya pesan ruang penuh yang muncul saat kita hendak mendownload sebuah aplikasi atau game dari Playstore merupakan error atau kesalahan dari sana nya. Kalian bisa mencoba alternatif mendapatkan apk selain dari PS yaitu dengan cara menginstall secara eksternal atau manual. bisa mendapatkan file mentah nya dari beberapa situs seperti www.apk4fun.com , apkmirror.com .
5. Hapus cache secara manual
Bila aplikasi cleaner masih belum mempan membersihkan sesampahan dari aplikasi yang ada di android. Kalian bisa mencoba nya sendiri dengan pergi ke pengaturan > kelola aplikasi, disitu kita lihat ukuran penggunaan memory yang tidak wajar lalu klik dan pilih bersihkan cache. Bisa juga sobat coba pada aplikasi bawaan google seperti Play Store.

Oke itulah cara menginstall aplikasi android bila terdapat notif kosongkan memori padahal masih terdapat banyak ruang yang tersisa. silahkan kalian praktekan cara nya sendiri satu persatu semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengatasi Not Enough Space pada PlayStore Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel