-->

Iklan 728x90

10 Kelebihan Quantum GIS dibanding dengan Aplikasi Lain

kelebihan qgis
Quantum GIS merupakan perangkat lunak untuk digitasi peta yang dirilis secara gratis alias open source dilisensi oleh GNU GPL serta dikembangkan oleh QGIS Development team. Aplikasi ini menyediakan tampilan penyuntingan dan analisis data.

Perangkat lunak sistem informasi geografis ini dengan antarmuka yang ramah pengguna membantu pengguna dalam pembuatan peta, menjelajahi data spatial secara interaktif memanfaatkan beraneka tools seperti overview panel, spatial bookmarks, vector diagram overlay and layering. Pengguna dapat membubuhkan label hak cipta di peta hasil buatannya sebagai proteksi, menambahkan balok skala (scale bar) termasuk directional arrow guna meningkatkan kemudahan menyimak peta tersebut.

QGIS sangat populer dan umum digunakan oleh sekolah atau instansi pendidikan pada jurusan geografi dengan cabang penginderaan jauh dan SIG yang berkaitan dengan pemetaan serta sebagai media melakukan analisis peta secara digital.

Berikut beberapa kelebihan Quantum GIS (QGIS) yang perlu diketahui :
1. Kebebasan dan akses

Fakta bahwa QGIS aplikasi gratis bukanlah karakteristik yang paling penting, menurut pendapat kami. Keuntungan terbesar penggunaan QGIS adalah akses dan kemampuan membawa alat canggih ke sejumlah besar pengguna di semua jenis komputer. Di dunia yang terus berubah, keputusan berdasarkan analisis data harus dilakukan oleh kelompok orang dalam jumlah terbatas. QGIS memungkinkan Anda bekerja dengan data spasial, membagikannya dan menerima pendapat secara cepat dan mudah diakses.

Perangkat lunak ini tidak terbatas pada satu komputer saja, namun bisa digunakan di komputer manapun. Analisis tidak hanya dilakukan di satu kantor, tapi di seluruh Institusi.

Menurut lisensinya, QGIS tidak hanya bebas harganya, tapi juga bebas untuk mendistribusikannya, periksa kode sumbernya atau bahkan menggunakan bagian-bagian QGIS di perangkat lunak lain.

2. Banyak pilihan yang tersedia

QGIS memberi Anda dunia pilihan untuk pemrosesan spasial sejak awal dan dengan cara yang bebas. Tidak ada batasan dalam alat sehubungan dengan lisensi yang Anda miliki.

Alasan mengapa penulis posting ini mulai menggunakan QGIS adalah karena dia biasa mengajar SIG dan Sumber Daya Air di Universitas yang memiliki lisensi ArcView. Ketika dia menyadari bahwa dia tidak dapat melakukan interpolasi atau operasi spasial, dia memutuskan untuk menggunakan QGIS dalam kursus.

3. Hati nurani yang bersih

Anda mungkin mengatakan bahwa Anda memiliki lisensi ArcGIS di tempat kerja, tapi apakah Anda memilikinya untuk komputer rumah Anda? Jika Anda memiliki keduanya, saya akan mengucapkan selamat atas investasi besar Anda dan, pada saat yang sama, saya akan mengatakan bahwa Anda termasuk dalam kelompok pengguna formal yang kecil. Sebagian besar pengguna ArcGIS memiliki lisensi bajak laut di setidaknya satu komputer mereka.

Gunakan QGIS dan jaga hati nurani yang bersih karena Anda tidak melakukan sesuatu yang ilegal, Anda bahkan dapat mengatakan bahwa Anda melawan pembajakan karena Anda tidak menggunakan perangkat lunak berlisensi.

4. QGIS dikembangkan oleh orang-orang yang sangat baik

QGIS didukung oleh sebuah komunitas yang dibentuk oleh orang-orang yang mengembangkan kode dan sangat menyukai hal itu. Anda bisa mengikuti blog dan akun sosial mereka, belajar tentang alat baru yang sedang mereka kembangkan, pertemuan mana yang mereka hadiri atau bahkan mengajukan pertanyaan kepada mereka.

Tidak satu pun pengembang QGIS yang menerima pembayaran moneter untuk waktunya, semuanya bekerja karena menyukai pekerjaan mereka dan melakukannya dengan cara yang sangat baik. Uang yang diterima QGIS untuk memperbaiki perangkat lunak dan membaginya.

5. Kecepatan dan performa lebih

QGIS, dibandingkan dengan ArcGIS, memuat lebih cepat dan melakukan proses dalam jumlah waktu yang lebih sedikit.

Dalam kasus geoprocessing seperti yang ditunjukkan di beberapa tutorial, QGIS melakukan proses lebih cepat daripada ArcGIS. Ini karena struktur internalnya.

6. QGIS dan komponen terkait gratis

Bila Anda menemukan alat yang didasarkan pada atau bekerja dengan QGIS, umumnya gratis dan open source. Ketika datang ke ArcGIS adalah sebaliknya: komponen mobile, web dan cloud memiliki lisensi tambahan yang memaksa Anda untuk terus menghabiskan uang. Dengan cara ini Anda dipaksa untuk tinggal dalam sistem tertutup dimana untuk hal baru yang ingin Anda lakukan Anda memerlukan lisensi tambahan.

7. Anda bisa belajar dan up to date lebih cepat dengan QGIS

Ini perlu dikatakan: QGIS dikembangkan lebih cepat dari ArcGIS. Pengguna yang lebih tua telah melihat banyak versi baru QGIS di tahun-tahun sebelumnya dan masing-masing datang dengan fitur baru. Evolusi QGIS ini bahkan lebih cepat dari yang kita inginkan.

Ketika versi baru QGIS dilepaskan, perangkat lunak menunjukkan jendela pop up sehingga Anda dapat mendownloadnya, menginformasikan tentang fitur baru dan Anda dapat mengevaluasinya, semuanya pada hari yang sama. Dengan ArcGIS Anda harus menunggu untuk membeli update atau memiliki salinan bajak laut baru.

8. QGIS memiliki dokumentasi yang baik

Dokumentasi resmi QGIS benar-benar bagus (http://www.qgis.org/en/docs/index.html). Ini menjelaskan dengan cara mudah bagaimana perangkat lunak bekerja dan memiliki contoh dan tangkapan layar. Ada juga tutorial QGIS dan tersedia forum.

9. QGIS hadir dalam banyak bahasa

Versi terbaru dan sebelumnya dari QGIS hadir dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya seperti Spanyol, Prancis atau Italia; berkat sistem penerjemahan kolaboratif mereka. Hal ini sangat praktis bagi pengguna baru, pengguna yang tidak mengetahui beberapa istilah analisis spasial dan pengguna yang tidak pandai berbahasa Inggris.

10. QGIS memiliki jumlah pelengkap yang penting

Pelengkap adalah karakteristik QGIS sejak awal. Ini adalah program kecil yang berjalan di dalam QGIS dan digunakan untuk melakukan tugas tertentu. Penyelesaian tergantung pada penggunaan yang ingin Anda berikan pada QGIS.

Nah itulah kelebihan dari aplikasi Quantum GIS dibnding aplikasi sejenis yang berbayar, semua kembali kepada pengguna jika anda ingin mendapat aplikasi yang gratis serta spesifikasi yang ringan pilihlah QGIS sebagai perangkat lunak untuk keperluan pemetaan.

5 Responses to "10 Kelebihan Quantum GIS dibanding dengan Aplikasi Lain "

  1. Terimakasih kak dengan ini saya jadi tau kelebihan Quantum GIS ..
    jangan lupa
    Kunjungi blog saya ya : https://azizah.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    Dan website kampus saya juga ya : http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  2. terima kasih blognya sangat membantu dan menambah pengetahuan.
    Kunjungi website saya ya: http://sucimereci.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    Dan webite kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus
  3. ternyata gis memiliki 10 kelebihan yang sangat dibilang signifikan. misalnya QGIS didukung oleh sebuah komunitas yang dibentuk oleh orang-orang yang mengembangkan kode,QGIS, dibandingkan dengan ArcGIS, gis juga memuat lebih cepat dan melakukan proses dalam jumlah waktu yang lebih sedikit.juga memiliki komponen terkait gratis dan QGIS memiliki banyak bahasa seperti bahasa Inggris dan bahasa lainnya seperti Spanyol, Prancis atau Italia
    oh ya kunjungi website saya https://ridhohabibi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/ dan website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  4. Terimakasih untuk info blognya. Ternyata QGIS ini cukup banyak kelebihannya.jika dalam segi fungsi dan pemakaian tool apakah ada kelebihannya juga kak? atau standart sama seperti software lainnya.
    kunjungi juga website saya https://felix.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    + website kampus saya http://atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus
  5. Trmakasih untuk ilmunya tentang kelebihan kuantum gis.
    Mampir jga kwebsite saya : diki-kurniadi.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    www.atmaluhur.ac.id

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel