-->

Iklan 728x90

Nama Lain Biawak dalam Bahasa Jawa

nama lain biawak
Biawak adalah hewan reptil sebangsa kadal yang berukuran sedang hingga besar, hewan ini tersebar di daerah tropis seperti Asia, Afrika dan Australia. Di Indonesia sendiri masih sering dijumpai di beberapa daerah.

Hewan ini hidup didaerah rawa atau dekat dengan sungai atau bengawan, biawak biasa memangsa hewan lainnya yang berukuran lebih kecil seperti ayam, ular dan lain-lain.

Di daerah Pulau Jawa hewan reptil ini masih bisa dijumpai namun tidak begitu banyak karena banyaknya pembangunan pemukiman manusia dan perburuan liar, bahkan ada yang menjadikannya makanan sate.

Biawak di daerah Jawa biasanya masyarakat memiliki nama sebutan sendiri terutama di Jawa Tengah mayoritas masyarakat menyebutnya sebagai "Nyambik", sedangkan di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah masyarakat menyebutnya sebagai "Seliro". Ada pula yang menyebut "Mencawak" di daerah Semarang dan sekitarnya.

Jumlahnya yang semakin sedikit ditambah hewan ini dianggap sebagai hama pemakan hewan ternak mereka, sehingga tak sedikit masyarakat yang mencoba membasmi nya dengan diburu, dijebak, ditangkap dan lain-lain.

Jangan sampai hewan ini punah begitu saja kita harus sadar akan pentingnya ekosistem, karena biawak tergolong hewan yang unik berbentuk seperti komodo.

0 Response to "Nama Lain Biawak dalam Bahasa Jawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel