-->

Iklan 728x90

4 Jenis Kabel Jaringan Komputer

4 Jenis Kabel Jaringan Komputer
Tahukah kamu bahwa perangkat internet yang kamu pakai saat ini menggunakan kabel bukan satelit, yan penggunaan kabel sebagai penghubung jaringan internet memang sudah lama digunakan bahkan hingga sekarang.

Penggunaan kabel dinilia lebih efisien dan tahan terhadap segala jenis cuaca, tak hanya menggunakan tiang penyangga pasti kalian pernah melihat petugas yang sedang menanam kabel dibawah tanah, bahkan sampai dibawah laut hanya untuk membuat kita semua terhubung.

Kabel jaringan komputer digunakan sebagai penghubung atau media transmisi terarah (guieded/wireline) pada suatu jaringan komputer.Maksud dari media transmisi terarah (guieded/wireline) disini itu adalah suatu kondisi dimana gelombang elektromagnetik yang diarahkan sepanjang fisik, dimana yang dimaksud fisik disini adalah kabel jaringan.

Nah ada beberapa jenis atau macam kabel jaringan komputer, silahkan simak dibawah ini:
1. Coaxial Cable
4 Jenis Kabel Jaringan Komputer
Kabel Coaxial merupakan salah satu jenis kabel jaringan komputer yang klasik, dan saat ini sudah hampir tidak pernah digunakan lagi untuk penggunaan jaringan kabel pada sebuah sistem jaringan komputer. Kabel coaxial merupakan jenis kabel yang terdiri dari kawat tembaga, yang dilapisi olej isolator, konduktor, dan kemudian pada bagian luar dari kabel coaxial ini dilindungi dengan menggunakan bahan PVC. Sekilas, kabel coaxial ini juga sama seperti kabel antena televisi.

2. Unshielded Twisted Pair
4 Jenis Kabel Jaringan Komputer
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah sepasang kabel yang dililit satu sama lain dengan tujuan mengurangi interferensi listrik yang dapat terdiri dari 2 atau lebih pasang kabel. Dalam penerapannya kabel UTP sangat rentan akan intervensi terhadap voltase tinggi dan medan magnet. Kabel ini banyak digunakan untuk jaringan telepon dan juga jaringan LAN Kecil.

3. Fiber Optik
4 Jenis Kabel Jaringan Komputer
Jenis kabel jaringan yang ketiga adalah kabel jaringan fiber optic. Kabel fiber optic ini merupakan jenis kabel yang terdiri atas kumpulan serat – serat fiber, dengan ukuran yang lebih kecil dan juga lebih fleksibel dibandingkan dengan kabel twisted pair.

Pada awalnya, kabel fiber optik hanya digunakan untuk keperluan khusus, seperti penggunaan pada jaringan backbone pada suatu perusahaan besar. Namun lama kelamaan, jaringan dengan menggunakan fiber optic menjadi semakin populer dan digunakan untuk keperluan jaringan secara umum.

4. Shielded Twisted Pair (STP)
4 Jenis Kabel Jaringan Komputer
Kabel STP (Shielded twisted pair) ini memiliki spesifikasi yang jauh lebih baik dari pada kabel UTP. Sesuai dengan namanya pada kabel STP memiliki kabel perlindungan di dalam lapisannya untuk melindungi kabel twisted pairnya.

Dengan lapisan tersebut membuat kabel STP memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan kabel UTP dalam menangkal noise dan gangguan magnetic.

Nah itulah pembahasan tentang jenis-jenis kabel Jaringan yang umum digunakan, seperti yang disebutkan diatas terdapat Coaxial, UTP, STP dan Kabel Fiber Optik.

0 Response to "4 Jenis Kabel Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel