-->

Iklan 728x90

Perbedaan SSD dan HDD, Bagus Mana?

Perbedaan SSD dan HDD, Bagus Mana?
SSD dan HDD apasih bedanya? kan sama-sama sebagai penyimpanan di laptop maupun PC. Nah hal itu yang akan kita bahas kali ini.

Sebelum ke topik pembicaraan harus kita ketahui dahulu definisi SSD vs HDD itu sendiri, silahkan simak dibawah ini:
1. Apa itu HDD
Menurut wikipedia, Diska keras (bahasa Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.

Umumnya kebanyakan laptop maupun PC yang beredar dipasaran menggunakan penyimpanan internal jenis ini.

2. Apa itu SSD
Menurut wikipedia, SSD, singkatan dari solid-state drive, adalah media penyimpanan data yang menggunakan memori mantap atau memori tak gabar[1] (nonvolatile memory) sebagai media, dan tidak menggunakan diska magnetis seperti diska keras konvensional. Berbeda dengan memori gabar (volatile memory) (misalnya RAM), data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada.

Penjelasan mudahnya tentu kalian sudah tahu USB Flashdisk nah bisa dibilang bahwa SSD merupakan Flashdisk berukuran lebih besar.

Perbedaan HDD dengan SSD 
Dimana sih perbedaan HDD vs SSD, kan sama-sama sebagai media penyimpanan dan untuk menjalankan OS. simak dibawah ini:
A. Bentuknya
Kita nilai dari segi ukurannya, dari situ kita tahu bahwa rata-rata SSD unggul dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Tapi sebenarnya tergantung dari jenisnya itu sendiri

B. Harga
Dari segi harga, memang SSD terlihat agak jauh bisa mencapai dua kali lipat dari harga HDD. untuk Kapasitas SSD berukuran 120GB dengan harga berkisar diatas 500 ribu, sedangkan dengan HDD dengan kapasitas yang sama harganya dibawah 500 ribuan.

C. Kecepatan dan Kinerja
Dari segi kecepatan kinerja, SSD kembali unggul dengan kecepatan 30% lebih cepat dari HDD, jika digunakan untuk booting SSD hanya memakan waktu 10-13 detik sedangkan HDD bisa memakan waktu 30-40 detik. Memang kata orang ada harga ada rupa, SSD Baik digunakan untuk kebutuhan yang lebih cepat seperti bermain game dan lainnya.

Nah itulah perbedaan dari HDD dengan SSD, sekarang sudah tidak bingung lagi kan? jika kalian mempunyai budget yang banyak sebaiknya menggunakan SSD tapi jika pas-pasan memakai HDD juga tidak masalah kok.

0 Response to "Perbedaan SSD dan HDD, Bagus Mana?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel