-->

Iklan 728x90

Contoh Soal Mitigasi Bencana esay serta Jawaban

Contoh Soal Mitigasi Bencana esay serta Jawaban
Kerjakan soal esay berikut dengan benar dan jujur!

1. Mengapa mitigasi bencana di Indonesia penting untuk di Undang-undangkan (dibuat UU mitigasi)?
2. Jelaskan hubungan kepribadian dengan bencana sosial!
3. Mengapa kebudayaan bisa berpotensi menjadi bencana sosial?
4. Sebutkan satu bencana sosial jelaskan pemicunya dan bagaimana memitigasinya?


Jawaban :
1. Pentingnya UU Mitigasi bencana
Sebenarnya UU tentang mitigasi bencana sudah ada dari tahun 80-an namun pengaplikasiannya masih kurang dari pemerintah, baru setelah tragedi Tsunami baru UU tentang Mitigasi Bencana diperbaharui dan lebih dimaksimalkan pelaksanaannya, hal itu karena kondisi Indonesia yang labil karna terdapat pada Ring Of Fire dan juga Indonesia terdapat pada daerah tropis sehingga memiliki intensitas hujan yang tinggi dan dapat menimbulkan banjir.
Di Indonesia Undang-undang yang mengatur tentang mitigasi bencana sosial masih berorientasi pada bencana alam mulai dari sebelum bencana sampai setelah bencana, tapi melihat kondisi Negara Indonesia saat ini banyak sekali terjadi bencana yang mengarah kepada social masyarakat, artinya bencana yang terjadi bukan karena alam namun karena kondisi social masyarakat. Maka dari itu perlunya disusun undang-undang tentang mitigasi bencana social, pemerintah harus serius dalam menangani bencana social jika tidak konflik yang terjadi akan semakin rumit dan semakin sulit untuk diatasi

2. Hubungan Kepribadian dengan Bencana Sosial
Setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain. Kepribadian seseorang dapat menentukan hubungan individu tersebut dengan orang lain. Kepribadian seseorang yang dominan dan menjadi panutan orang lain dapat mempengaruhi pribadi seseorang, jika individu yang memiliki kepribadian dominan mempengaruhi orang lain bisa menimbulkan konflik jika individu tersebut menolak individu lain atau kebijakan pemerintah maka orang lain akan mengikuti individu tersebut dan akhirnya akan terjadi konflik yang berakibat pada bencana social.

3. Kenapa kebudayaan dapat menyebabkan Bencana Sosial?
Budaya adalah suatu alat yang berguna untuk memahami perilaku manusia di seluruh bumi, juga di negeri kita sendiri. Pandangan mengenai konsep ini terutama berasal dari ilmu-ilmu perilaku manusia (behavoiral science) sosiologi, psikologi dan antropologi. Ilmu sosial tersebut mempelajari dan dan menjalaskan kepada kita bagaimana orang-orang berperilaku, mengapa mereka berperilaku demikian dan apa hubungan antar perilaku manusia dan lingkungan.

Pada dasarnya manusia menciptakan budaya atau lingkungan sosial mereka sebagai suatu adaptasi terhadap lingkungan fisik dan biologis mereka. Kebiasaan, praktik dan tradisi untuk terus hidup dan berkembang diwariskan oleh suatu generasi ke generasi lainnya dalam suatu masyarakat tertentu. Budaya mempengaruhi dan dipengaruhi oleh setiap fase aktivitas manusia. Individu sangat cenderung menerima dan mempercayai apa yang dikatakan oleh budaya mereka. Kita dipengaruhi oleh adat dan pengetahuan masyarakat dimana kita tinggal, terlepas dari bagaimana validitas objektif masukan dan penanaman budaya ini pada diri kita.

Karena kebudayaan melekat turun-temurun dalam waktu yang sangat lama pada sebuah kelompok suku/masyarakat. Bahkan kebudayaan ada yang menjadi sebuah kepercayaan meski hanya berawal dari sebuah adat. Maka dari itu jika ada dua kebudayaan berbeda dari individu/kelompok itu bertemu, dapat berpotensi menjadi konflik Jika: individu/kelompok tersebut tidak dapat mencemati dinamika kehidupan yg telah banyak berubah, tidak dapat teposliro/tenggang rasa sesama masyarakat yg saling membutuhkan, dan tidak dapat menyadari dampak dari konflik yg banyak merugikan orang lain.
Kebudayaan yang berbeda dapat menimbulkan konflik jika suatu kelompok tertentu memiliki pertentangan dengan kelompok masyarakat tertentu sebagai bagian dari budaya hingga konflik itu semakin membesar dan cakupanya luas dapat menimbulkan bencana sosial.

4. Salah satu Bencana Sosial dan bagaimana mitigasinya?
Narkoba sudah menjadi permasalahan di setiap Negara di dunia terutama di Indonesia yang sudah mengeksekusi mati beberapa orang yang terbukti mengedarkan narkoba. Hal ini dapat terjadi akibat kondisi social maupun ekonomi yang ada di Indonesia. Kondisi social di Indonesia yang dimana lingkungan sangat berpengaruh terhadap seseorang dalam perkembangan hidupnya, jika seseorang hidup dalam lingkungan para pecandu narkoba maka individu tersebut berpeluang besar menjadi sesuai dengan lingkungannya.

Kondisi ekonomi Indonesia memaksa beberapa orang melakukan hal yang illegal yaitu menjual narkoba demi meraup untung yang besar.

Cara mitigasinya dengan memberikan sosialisasi kepada generasi-generasi muda untuk menjauhi narkotika dan juga dari pihak pemerintah menetapkan hukuman yang berat bagi pengedar narkoba agar memberikan efek jera bagi para pengedar narkoba.


0 Response to "Contoh Soal Mitigasi Bencana esay serta Jawaban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel