-->

Iklan 728x90

Beberapa Konsepsi Wilayah Berdasarkan Tipe

Konsepsi wilayah berdasarkan tipe

Konsepsi Wilayah Dan Pewilayahan

KONSEPSI WILAYAH BERDASARKAN TIPE

Pandangan kedua tentang wilayah berdasarkan tipenya adalah mendasarkan pad aide-ide heterogenitas (Minshull, 1970). Dalam ide-ide heterogenitas tercermin suatu pola interdependensi dan pola interaksi antara subsistem utama ecosystem dengan subsistem utama social system. Sedangkan penekanan utamanya menyangkut segi-segi kegiatan manusia (man’s activities).

Sebetulnya dalam ide-ide yang kedua tersebut tercermin suatu pola ‘unity in diversity’, dengan keberbagaian gejala dalam batas-batas tertentu tercipta suatu kesatuan hubungan dan pola ketergantungan. Biasanya system yang ada dalam batas-nbatas wilayah tersebut terkontrol oleh sebuah titik pusat. Sering pula dikatakan bahwa disamping menekankan pandangan pad aide-ide heterogenitas, juga menekankan pad aide-ide sentralitas. Untuk menentukan batas-batas wilayah (delimitation of region) banyak sekali cara yang dapat digunakan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif, atau dapat juga dengan generalisasi maupun klasifikasi, atau gabungan dari keduanya.

Oleh karena pandangan yang kedua tersebut menitikberatkan pada hubungan fungsional, maka wilayah seperti itu disebut wilayah fungsional (functional region). Namun V. B. Stanberry memberikan istilah yang lain terhadap wilayah seperti ini; dia memandang eksistensi wilayah ini pada hubungan yang hidup di dalamnya, sehingga memberi istilah sebagai organic region. Sedangkan pandangan J. W. Alexander lain lagi; dia memandang eksistensi wilayah ini pada adanya kesamaan pusat aktivitas hubungan dari system yang ada, sehingga istilah yang dipakainya adalah nodal region.

Ketiga istilah tersebut (functional region, organic region, dan nodal region) pada dasarnya memiliki pengertian yang sama (Alexander, 1963).

0 Response to "Beberapa Konsepsi Wilayah Berdasarkan Tipe"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel