-->

Iklan 728x90

Kapan Hari Baik Potong Kuku dalam Agama Islam

hari baik potong kuku dalam islam
Kuku merupakan bagian tubuh yang penting karena akan berpengaruh terhadap aktivitas manusia seperti makan, mengendarai, memakai baju dan dan kegiatan lainnya. Nah jika kuku tangan dan kaki tumbuh panjang maka akan mengganggu.

Dalam agama Islam setiap umat dalam hidupnya telah diatur melalui anjuran dan sunnah yang perlu dijalankan untuk hidup sehat dan kebersihan diri. Termasuk pula kuku yang perlu mendapat perhatian.

Bila kuku dibiarkan tumbuh panjang begitu saja tentu berbagai macam kotoran akan nyangkut di kuku dan akan mengganggu setiap aktifitas yang dilakukan,

Sebagai muslim perlu tahu bahwa kuku merupakan bagian tubuh untuk keindahan dan kesehatan maka perlu dirawat dan ditentukan cara memotong dan hari-hari baik untuk potong kuku tangan dan kaki.
 

Waktu yang baik untuk memotong kuku menurut Imam Qasim Al Ghazi dalam kitab Hasyiyah Al Baijuri di antaranya adalah hari Jumat, Kamis, dan Senin.

"Memotong kuku di hari Sabtu akan menimbulkan penyakit yang menggerogoti tubuh. Melakukan hal yang sama pada hari Ahad menyebabkan hilangnya berkah," ucap Imam Qasim Al Ghazi.

Adapun alasan dianjurkan memotong kuku di hari Senin karena pada hari itu memotong kuku akan menjadikan seseorang alim, sedangkan memotong kuku hari Selasa akan menyebabkan kebinasaan. "Dan pada hari keempat, yaitu Rabu, memotong kuku dapat menyebabkan buruknya akhlak. Dan di hari Kamis, melakukannya akan mendatangkan kekayaan," kata Imam Qasim Al Ghazi.

Sementara itu jika memotong kuku dilakukan pada hari Jumat, maka menurut Imam Qasim Al Ghazi lagi akan menambah ilmu dan sifat santun. Demikianlah kami riwayatkan dari Nabi Muhammad SAW.

Bagi para ulama Mazhab Syafi'i, memotong kuku memang dianjurkan pada hari Jumat, tetapi selain hari itu tidak ada larangan bagi siapa pun untuk memotong kukunya. Hal tersebut karena memotong kuku merupakan kegiatan yang dilakukan sebagai upaya membersihkan diri dan sangat dianjurkan dalam agama Islam.

0 Response to "Kapan Hari Baik Potong Kuku dalam Agama Islam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel