-->

Iklan 728x90

7 Tips Menabung untuk Pelajar dan Mahasiswa

tips menabung
Pelajar dan anak kuliahan tentu akan mendapatkan uang saku secara rutin dari orangtua, nah dari situ para pelajar mendapatkan uang untuk makan ataupun jajan di sekolahan dari hal itu kamu bisa menyisihkan uang saku atau sangu dalam bahasa Jawa.

Jika pelajar biasanya dikasih uang saku per hari dan untuk anak kuliahan biasanya diberi uang saku perbulan bila ia merantau dan mengekos di tempat kuliahan. Untuk kamu yang ingin mempunyai tabungan sendiri bisa memanfaatkan uang saku tersebut untuk ditabung. Nah jika kamu mempunyai tabungan tentu akan enak jika suatu saat ada keperluan mendesak atau ada hal yang ingin dibeli bisa menggunakan uang sendiri dulu.

Nah jika kamu menginginkan sesuatu barang atau hal lain tentu tabungan ini akan sangat berguna suatu saat nanti, berikut Tips menabung yang benar bagi pelajar dan anak kuliahan :

1. Sedikit Tapi Rutin

Jika kamu memiliki saku yang pas-pasan tentu akan lebih cocok untuk menyisihkan uang jajan secara sedikit, contohnya seribu rupiah perhari bila dikurangi dengan hari minggu tentu akan menghasilkan 26.000 perhari, bila dirasa kecil bisa ditambah nominalnya menjadi 5.000 perhari tentu bila dihitung secara rutin akan lumayan hasilnya untuk tiap bulan nya.

2. Kurangi Jajan Berlebih

Bila biasanya kamu bisa jajan menghabiskan 10.000 - 20.000 perhari maka coba hitung lagi berapa yang bisa kamu simpan, apalagi jika pulang sekolah sering nongkrong untuk ngopi atau nger0k0k bisa kamu kurangi dan tidak usah bila perlu.

3. Bawa Makan dari Rumah

Jika biasanya kamu sering membeli sarapan atau makan siang di warung dan kantin sekolah, bisa kamu ganti dengan membawa bekal sendiri dari rumah yang dirasa awet untuk dimakan disekolah dan tidak -perlu malu karena itu hak kamu gak perlu untuk mendengarkan apa kata oranglain apalagi gengsi.

4. Kumpulkan Uang Receh

Kalo kamu sering menyepeleken uang receh sebelumnya, sekarang hentikan kebiasaan itu karena uang receh jika dikumpulkan sedikit demi sedikit biasanya akan tidak terasa sudah menjadi banyak, bisa kamu gunakan untuk bayar parkir atau beli pulsa dengan langsung membayarkannya atau menukarkan nya terlebih dahulu.

5. Buat Alat Celengan

Celengan atau alat untuk menyimpan uang simpanan mu ternyata bisa kamu buat sendiri loh dengan kaleng bekas biskuit tinggal tambahkan lubang pada bagian atasnya yang pas untuk memasukkan uang, usahakan jangan terlalu besar dan tutup rapat kalengmu agar tidak ada niatan untuk mengambil lagi. Namun bisa juga kamu membeli nya di pasar biasanya ada yang menjual perlengkapan buat menabung sendiri dirumah.

6. Terapkan Disiplin Hemat

Banyak istilah pepatah yang berbunyi Hemat pangkal kaya, Hemat yang berarti irit uang atau bisa mengatur pengeluaran uang agar tidak terlalu boros. Ingat hemat bukan berarti pelit loh ya tapi kamu mencoba menerapkan untuk hidup tidak boros dan bisa membedakan mana kebutuhan mana keinginan terhadap barang.

7. Tetapkan Tujuan mu Menabung

Tentunya orang menabung pasti mempunyai tujuan tertentu ada yang menabung untuk membeli HP baru, untuk membeli PC, untuk membeli motor, untuk modal usaha, untuk membelikan kado pacar dan lain-lain. Bila kamu belum punya tujuan atau keinginan yang dicapai cobalah tentukan mulai dari sekarang apa tujuanmu menabung agar tidak terputus ditengah jalan karena kamu tidak konsisten.

0 Response to "7 Tips Menabung untuk Pelajar dan Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel