-->

Iklan 728x90

10 Tips Agar Diterima dan Lolos SNMPTN

SNMPTN

Jadwal pendaftaran SNMPTN sebentar lagi… sudah siapkah kamu? SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri selalu digelar tiap tahun. Antusiasme para pelajar  tingkat SMA/MA maupun SMK begitu tinggi mengikuti seleksi ini karena tanpa melalui tes dan saingan yang begitu ketat serta bila diterima melalui jalur ini akan mendapat potongan biaya dari Dikti atau yang biasa disebut UKT dan BKT.

SNMPTN merupakan seleksi gratis, maka dari itu persiapkanlah dengan matang berbagai persyaratan yang dibutuhkan. Lalu bila sudah siap silahkan cek dulu ke website nya snmptn.ac.id. Jadwal pelaksanaan SNMPTN 2016 : pengisisan PDSS dilaksanakan pada 22 januari – 12 maret, sedangkan pendaftaran pada tanggal 13 februari – 15 maret, pencetakan kartu tanda peserta tanggal 14 april – 28 april, proses seleksinya tanggal 16 maret – 8 mei dan pengumuman hasil  seleksi SNMPTN tanggal 9 mei. melalui situs snmptn.ac.id PTN yang ikut pada daftar yang dapat dipilih oleh siswa sejumlah 63 seuruh Indonesia.

Maka dari itu selain kemauan dan niat juga perlu juga percaya diri dan beberapa hal dibawah ini akan di jabarkan. Berikut Cara dan Tips agar lolos SNMPTN dan diterima di Perguruan tinggi negeri pilihanmu :

  1. Meminta restu Orang Tua
    Orang tua perlu mengetahui pilihan PTN dan program studi yang kamu pilih, dengan begitu orangtua akan memberikan saran yang terbaik untukmu sekaligus do’a ortu juga paling mujarab dikabulkan oleh sang pencipta. Bagaimana bila orangtua tidak begitu tertarik atau menyetujui pilihan mu? Kamu perlu meyakinkan bahwa kamu bisa dan mantep akan pilihanmu.

  2. Mencari referensi dari kakak tingkat
    Jika kamu memiliki kenalan kakak tingkat yang sudah diterima diperguruan tinggi favorit maka beruntunglah kamu, karena kamu bisa menanyakan berbagai hal tentang perguruan tinggi dan program studi sebagai referenai pilihan.

  3. Melihat tingkat ke favorit-an PTN yang dipilih
    Dengan membandingkan jumlah peminat dan tingkat penerimaan pada tahun sebelumnya kamu dapat menimbang kesulitan yang akan dialami jika kamu memilih di salah satu PTN tersebut. Sebaiknya tidak perlu muluk-muluk untuk memilih PTN favorit karena pada dasarnya berbagai perguruan tinggi itu sama. Dan biasanya PTN tersebut memasang nilai rata-rata yang tinggi untuk menerima calon mahasiswa nya.

  4. Jangan ikut-ikutan Teman
    Jujur saja pasti diantara kalian ada yang bimbang memilih PTN berdasarkan apa yang teman kamu pilih, justru itu tidak penting. Toh belum tentu pilihan temanmu itu cocok dan sesuai untuk masa depanmu kelak. Berbeda pilihan dengan teman itu baik karena pada setiap sekolah terdapat kuota yang terbatas.

  5. Melihat tingkat peminat PTN dan Program Studi pada tahun sebelumnya
    Melihat seberapa besar peminat program studi yang kamu pilih sangatlah penting terlebih jika peminat nya tinggi tentu sainganmu juga tinggi. Pilihlah yang sedang atau bisa yang rendah peminatnya asal sesuai minat dan kemampuan kamu. Jangan juga sampai salah pilih jika akhirnya harus ada penyesalan.

  6. Mendaftar pada waktu tertentu
    Dengan melakukan pendaftaran sebaiknya jangan dilakukan pada jam-jam sibuk dan jangan pula di jam tidur. Karena pada jam sibuk seperti antara pukul 09-00 sampai 11.00 dan 13.00 sampai 16.00 pasti akan banyak pendaftar yang bisa mengakibatkan server down. dan Pada waktu tidur tentu tidak ada orang atau server yang bekerja pada waktu tersebut dan dapat menyebabkan data kita masuk daftar tunggu atau waiting list.

  7. Pilih Urutan Pilihan yang Benar
    Yang ini menentukan keberhasilan kamu, bahwa terdapat 3 urutan pilihan yang pertama yang menjadi prioritasmu yang kedua dan ketiga yang merupakan tambahan isitilahnya. jangan sampai kamu menempatkan program studi yang rendah peminatnya pada urutan pertama dan malah menempatkan pilihan yang banyak peminatnya di urutan terakhir.

  8. Jangan Panik
    Periksa lah data-datamu sebelum di verifikasi final karena bila kamu diterima pada seleksi namun datamu ada kesalahan maka akibatnya bisa fatal.

  9. Minta Saran Guru
    Guru merupakan pembimbing kamu, kamu bisa meminta saran padanya bisa jadi gurumu memiliki channel atau kenalan di berbagai perguruan tinggi dan memberimu pilihan yang terbaik untukmu.

  10. Ber-Do’a, Niat dan Tawakal
    Setelah semua hal diatas sudah kamu tentukan maka hal yang terakhir paling manjur adalah berdo’a memohon ridho kepada Tuhan Yang Maha Esa, melakukan ibadah Sunnah seperti tahajud meminta petunjuk serta berdo’a semoga lolos dalam seleksi SNMPTN dan bila tidak bisa diberikan jalan terbaik dimasa yang akan datang.

3 Responses to "10 Tips Agar Diterima dan Lolos SNMPTN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel