-->

Iklan 728x90

Dimana Letak nomor NIK KTP

letak nomor NIK KTP
Nomor Induk Kependudukan atau NIK adalah nomor identitas Penduduk yang bersifat unik atau khas, tunggal dan melekat pada seseorang yang terdaftar sebagai Penduduk Indonesia yang letaknya berada di e-KTP dan Kartu Keluarga. NIK berlaku seumur hidup dan selamanya, yang diberikan oleh Pemerintah dan diterbitkan oleh Instansi Pelaksana kepada setiap Penduduk setelah dilakukan pencatatan biodata. NIK terdiri dari 16 digit.

Kode penyusun NIK terdiri dari 2 digit awal merupakan kode provinsi, 2 digit setelahnya merupakan kode kota/kabupaten, 2 digit sesudahnya kode kecamatan, 6 digit selanjutnya merupakan tanggal lahir dalam format hhbbtt (untuk wanita tanggal ditambah 40), lalu 4 digit terakhir merupakan nomor urut yang dimulai dari 0001. Baca JugaAplikasi Pembuat KTP Tiruan

NIK merupakan nomer yang harus diketahui keberadaanya dan bila perlu diingat karena fungsinya yang sangat penting untuk pendaftaran atau lamaran sekolah, kuliah, kerja, PNS, Polisi, TNI atau mendaftarkan kartu simcard untuk Handphone dll, jika mempunyai KTP ganda yang digunakan yaitu KTP yang pertama dibuat karena itu merupakan yang asli dan terdaftar. Tapi jika keduanya terdaftar maka harus datang ke dinas kependudukan terdekat untuk menghapus salah satu.

Nomor NIK di KTP merupakan nomor unik dan perlu dijaga kerahasiaannya agar tidak disalahgunakan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab seperti berbuat penipuan, pengancaman dan lain-lain yang akan merugikan kita sebagai pemilik identitas resmi.

Mungkin masih banyak yang belum tahu dimana sih letak nomor NIK KTP berada? nah inilah cara mengetahui dan penjelasanya dibawah ini.
nomor NIK e-KTP
Tanda panah berwarna hitam adalah contoh letak NIK yang terdiri 16 digit angka

Seperti yang sudah dijelaskan diatas dan sudah kalian ketahui yang mana sih NIK KTP itu berada dan ternyata mudah dan terletak di paling atas terdiri dari 16 digit angka yang merupakan keterangan identitas kita yang berlaku seumur hidup.

Nah itulah penjelasan mengenai NIK yang harus kalian tahu bahkan bila perlu untuk di ingat supaya bila terjadi hal yang tidak diinginkan disuatu hari seperti kehilangan, KTP rusak dan lainnya maka kalian sudah mengingatnya. Perlu diingat juga bahwa NIK merupakan nomor identitas yang perlu dijaga kerahasiannya jangan sampai ada orang lain yang menyalahgunakan untuk tindak pidana kejahatan ataupun yang lainnya.

0 Response to "Dimana Letak nomor NIK KTP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel