-->

Iklan 728x90

Tahapan pada Skripsi yang Wajib diketahui Mahasiswa

tahapan skripsi
Skripsi adalah sebuah tahapan karya tulis ilmiah yang berupa paparan karya tulis mahasiswa sarjana S1, Skripsi merupakan istilah yang ada Indonesia.

Skripsi menjadi syarat kelulusan atau wisuda bagi mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) ataupun perguruan tinggi swasta (PTS), Skripsi biasanya bisa dikerjakan ketika memasuki semester ke enam (6).

Untuk mengerjakan skripsi tentunya ada beberapa tahapan hingga sampai bisa wisuda, berikut tahapan-tahapan skripsi :

1. Pengajuan Judul Penelitian
Mahasiswa yang sudah mencapai syarat minimum SKS pengambilan mata kuliah bisa langsung mengajukan judul skripsi ke Dosen Pembimbing Akademik, lalu bisa melalui tahapan selanjutnya yaitu pengajuan ke Kaprodi atau Dekanat.

2. Bimbingan Skripsi
Ketika judul penelitian kalian sudah disetujui / Acc maka tahapan selanjutnya yaitu melakukan bimbingan ke Pembimbing 1 dan 2 selama beberapa kali tergantung kebijakan masing-masing universitas atau perguruan tinggi.

3. Seminar Proposal
Seminar proposal atau biasa disebut Semprop yaitu mahasiswa melakukan presentasi penelitian yang sudah diajukan sebelumnya kepada dosen pembimbing dan pembahas serta koordinator seminar.

4. Penelitian
Tahap selanjutnya yaitu penelitian skripsi yaitu pengambilan data secara langsung dilapangan guna memecahkan masalah dari penelitian tersebut.

5. Seminar Hasil
Bila sudah menyelesaikan penelitian maka tahap selanjutnya yaitu melakukan seminar hasil, seminar hasil merupakan tahapan akhir mahasiswa mempresentasikan hasil dari penelitian yang diambil ini sekaligus tahap akhir sebelum ujian skripsi yang sebenarnya.

6. Ujian Kompre (Skripsi)
Ini adalah tahapan akhir dari skripsi, mahasiswa akan di tes pengetahuan seputar kuliah dan penelitian nya oleh dosen pembimbing dan dosen pembahas. Hasil nilai nya menetukan kelulusan mahasiswa.

Nah itulah 6 tahapan pada mahasiswa akhir yang sedang menempuh atau mengerjakan skripsi, tetaplah semangat ya walaupun proses nya agak sedikit panjang namun ada harapan dari orangtua untuk kelulusan mu. Untuk mahasiswa baru segeralah dipkirkan sejak dini penelitian apa yang akan kamu ambil kelak agar tidak pusing dikemudian hari.

0 Response to "Tahapan pada Skripsi yang Wajib diketahui Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel